Laman

Selasa, 20 Maret 2012

Bergembira Dalam Tuhan


1Raj. 8:65-66
Maz. 40:17
1.    Kwalifikasi orang yg bergembira (siapakah yg patut bergembira?)
a.    Orang yang mencari Tuhan
                                  i.    Yes. 55:6 “Carilah Tuhan selagi Ia berkenan ditemui”
                                ii.    Mat. 6:33 “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya...”
b.    Orang yang mencintai keselamatan dari Tuhan
2.    Dasar Kegembiraan (mengapa kita bergembira): Tuhan
a.    Kebaikan-Nya   (1Raj. 8:66)
b.    Kebesaran-Nya (Maz. 40:17)
3.    Cara bergembira
a.    Cara duniawi:
                                  i.    Pengkhotbah 11:9  Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan!
b.    Cara rohani:
                                  i.    1 Raja-raja 8:66  Pada hari yang kedelapan disuruhnya bangsa itu pergi, maka mereka memohon berkat untuk raja, lalu pulang ke kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas segala kebaikan yang telah dilakukan TUHAN kepada Daud, hamba-Nya, dan kepada orang Israel, umat-Nya.
                                ii.    Luk. 10:21 “Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
                               iii.    Yohanes 16:22  Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.
Mazmur 40:16  (40-17) Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: "TUHAN itu besar!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar