Laman

Minggu, 25 Maret 2012

Makanan-Ku Adalah Melakukan Kehendak Bapa

Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya (Yohanes 4:34).

Pertemuan Yesus dengan seorang perempuan Samaria di wilayah Samaria menarik untuk diselidiki.
  1. Sebagai seorang Yahudi, Yesus sebenarnya tidak boleh melewati daerah Samaria, karena kebencian yg amat dalam pada diri orang Yahudi terhadap orang Samaria. Namun Yesus malahan melintasi daerah itu dan sampai ke sumur yang digali oleh Yakub. Di sumur tersebut Yesus malahan bertemu dengan seorang perempuan Samaria, yang ternyata adalah seorang perempuan berdosa. Tujuan Yesus melintasi daerah Samaria jelas bahwa Ia ingin menyampaikan kabar keselamatan bagi orang Samaria, yang dikenal menyembah kepada Allah yang tidak mereka kenal (versi terjemahan lain: membabi buta). 
  2. Dalam percakapan dengan perempuan Samaria, Yesus mengambil topik tentang air hidup. Air di sumur Yakub tidak menjamin kesegaran yang kekal, karena itu Yesus beralih menjelaskan bahwa Dialah air hidup. Dunia memang mencari tempat-tempat "basah". Rupanya air dapat digolongkan sebagai simbol kesejahteraan (cf. Mazmur 1, 23, dll). Kalaupun orang mendapatkan semua itu (air atau tempat basah), mereka masih akan haus lagi. Kesejahteraan yang dunia tawarkan adalah kesejahteraan yang tidak bertahan lama, tetapi Yesus menawarkan yang sifatnya kekal ("menjadi mata air dalam diri setiap orang yang menerimanya"). 
  3. Perempuan Samaria akhirnya mengenal dan percaya Yesus sebagai Mesias. Ia meninggalkan sumur itu dan kembali ke kampungnya menceritakan tentang Yesus, kemudian sejumlah orang Samaria menjadi percaya dan datang menjumpai Yesus. 
  4. Kepada para murid, Yesus mengatakan bahwa untuk melakukan panen dibutuhkan waktu menunggu selama empat bulan. Namun berbeda dengan Yesus yang langsung melihat tuaian yang besar. Sejumlah orang Samaria menjadi percaya, bahkan membuat Yesus tinggal di daerah itu selama dua hari.
  5. Setelah murid-murid kembali membeli makanan, mereka menawarkan kepada Yesus. Jawaban Yesus di luar dugaan para murid, "padaKu ada makanan yang tidak kamu kenal". Yang Yesus maksudkan ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Yesus. Dalam hal ini Ia berani berbuat diluar dari kebiasaan orang Yahudi, yakni melintasi daerah Samaria untuk menemui seorang yang berdosa. Memang Ia datang ke dalam dunia untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.
Semoga teladan Yesus ini menginspirasi setiap pengikutNya dan hambaNya untuk setia melakukan kehendak Bapa di sorga.

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus